Langsung ke konten utama

Review buku layangan putus

 Review buku layangan putus




Nama : Imelda Nurul Aeni

Kelas  : IX-B 

Judul buku : Layangan putus 

Penulis : mommy ASF 

Penerbit : RDM publishers 

Jumlah halaman : 244 

Lama membaca : 2 Minggu 


                                  DIASAH

Daya tarik, intisari, amanat, saran, hikmah 




-DAYA TARIK

Saya memilih untuk membaca buku ini karena seru dan viral juga.



-INTISARI 

Layangan Putus, sebuah novel karya Mommy ASF yang mengisahkan seorang gadis bernama Kinanti yang memantapkan hatinya untuk berumah tangga bersama Aris. Mimpinya sangatlah sederhana, ia hanya ingin menyelesaikan pendidikan tanpa terus membebani kedua orangtuanya. Hingga akhirnya gadis yang kerap disapa Kinan itu mampu menyelesaikan kuliahnya dan ia bercita-cita ingin menjadi dokter hewan.

Semua berjalan mulus, Kinan yang jatuh cinta dengan Aris dan Aris mengambil langkah untuk meminang Kinan. Banyak hal yang Kinan dapatkan Ketika bersama Aris dan cinta yang tertanam kian bertumbuh dan terus bertambah.

Bagi Kinan, Aris seorang lelaki yang mandiri, tangguh, dan sedikit memiliki watak yang keras kepala. Tapi melihat semua hal yang telah dilalui Kinan bersama Aris membuat gadis itu tetap memilih menaruh masa depannya bersama pria itu kelak.

Ketika Aris datang melamar Kinan di hadapan Ayah dan Ibu gadis itu, Kinan mengajukan tiga syarat di pernikahan mereka kelak. Yang pertama Kinan ingin agar Aris menganggap orangtuanya seperti orangtua sendiri. Syarat yang kedua, Kinan boleh bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dan ketiga, ia tidak bersedia dipoligami selama dirinya masih bisa memberi keturunan. Setelah mengatakannya Aris pun menyetujuinya .

Novel yang terbit pada 2020 itu berhasil mengguncang emosi dan perasaan para pembaca. Kinan dengan sepenuhnya mengabdikan diri kepada sang suami. Impiannya untuk menjadi wanita karir harus pupus karena memilih untuk tinggal di rumah dan menjadi ibu rumah tangga.

Masa awal pernikahan mereka sangatlah Bahagia. Aris pun mulai belajar agama dan mendalaminya. Hal itu mendorong Kinan turut memilih untuk berhijab. Aris mampu meyakinkan Kinan dengan ia yang bekerja di luar rumah cukup membawa Kinan memenuhi mimpinya. Juga mimpi kecil untuk berpetualang menaiki balon udara dan menikmati keindahan Cappadocia dari angkasa.

Namun semua berubah. Tidak ada Cappadocia atau balon udara. Semua hanya mimpi dan tidak pernah terwujud. Suaminya, Aris, selingkuh. Kinan yang sudah menyerah seluruh hidupnya menjadi istri Aris seorang harus pupus. Rumah tangga yang berusaha ia jaga runtuh juga. Ketika dirinya hamil anak kelima, tepat saat itu ia keguguran, dan Kinan mengetahui Aris selingkuh. Semua kacau.

Buku karya Mommy ASF itu banyak menguras emosi pembaca. Khususnya saat Kinan mendapati foto Aris bersama Wanita lain yang berlibur ke Turki tepat di Cappadocia, kota impian Kinan. Kekecewaan itu Kinan rasakan luar biasa karena Aris mengingkari janjinya. Janji untuk tidak ada Wanita lain selama Kinan masih bisa memberinya keturunan.

Buku yang bahkan mencapai cetakan keenam nyatanya mampu menggambarkan dengan baik kisah seorang Kinan. Penggambaran seorang Kinan dan kisah yang dialami cukup relate dengan kisah-kisah yang sering dialami di sekitar kita. Perselingkuhan, rasa kecewa dan janji yang diingkari.

Penggambaran tokoh Kinan sebagai perempuan tangguh sungguh luar biasa. Sosok wanita yang terus bersikap baik di tengah sakit hatinya kepada Aris. Namun dirinya harus terus fokus merawat keempat buah hatinya. Meskipun diakhir mereka berpisah, namun Kinan tidak membatasi jika anak-anaknya ingin bermain bersama sang ayah.

Kinan pun akhirnya memilih pindah ke Malang dan membuka sebuah klinik hewan bersama temannya. Ia Kembali memulai hidupnya di sana. Menyekolahkan anak-anaknya di tempat yang baru. Meskipun Aris masih terus muncul dan menghubunginya untuk bertemu anak-anaknya. Mengajaknya bermain bahkan liburan ke Singapura.

Layangan Putus menjadi salah satu buku best seller bahkan novel ini sampai di filmkan. Penggunaan bahasa yang santai dan lugas dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Apalagi kisah yang terdapat pada novel ini bercerita tentang kehidupan-kehidupan yang kerap kali terjadi. Komitmen dalam sebuah ikatan pernikahan itu penting. Dan perselingkuhan adalah hal yang tidak lagi bisa ditoleransi. Intinya komunikasi dalam hubungan adalah sesuatu yang sangat penting..

Novel bergenre romantis, keluarga, yang sedih ini dapat menguras air mata. Sehingga bagi kalian yang menyukai cerita-cerita sedih, romantis, yang bikin mewek, dapat menambahkan buku ini ke dalam salah satu daftar bacaan kalian.

Namun novel ini memiliki alur yang maju mundur sehingga mungkin Ketika membaca di awal hingga akhir kalian akan sedikit bingung. Apa lagi bagi pembaca yang telah menonton serialnya terlebih dahulu. Akan ada sedikit perbedaan pada beberapa bagian antara novel dengan seriesnya. Mulai dari nama Aris yang berubah menjadi Arif, penampilan fisik Kinan, Pekerjaan hingga situasi ketika perselingkuhannya mulai terbongkar. 



-AMANAT 

Setia tidak harus dengan menghindar dari lawan jenis, akan tetapi bagaimana kita mensyukuri apa yang kita punya. Jika rasa syukur itu ada, sebesar apapun godaan yang datang pasti tidak akan goyah.



-SARAN 

Jika boleh memberikan saran, sebaiknya di buku atau di film nya itu jangan terlalu berbeda, tetapi tidak apa apa semuanya seru ko.



-HIKMAH 

Seperti kata pepatah, cinta itu buta. Ia bisa hinggap pada siapa saja, tidak peduli kita masih lajang atau sudah menikah. Namun, kita sebagai perempuan, saat didekati pria yang belakangan kita tahu ia sudah menikah, lebih baik mundur deh.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Autobiografi

 Autobiografi Imelda Nurul Aeni Perkenalkan nama saya Imelda Nurul Aeni yang merupakan anak ke 2 di keluarga saya.sebenarnya saya anak ke 3 tetapi Kaka pertama saya meninggal dunia saat masih berusia kurang lebih 1 bulan.walaupun demikian di keluarga saya tetap saya merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara yang masih hidup,dan Alhamdulillah Kaka pertama/kedua saya yang Masih hidup bernama Aida Inggriani,dan adik saya bernama Angelia Istiqomah. Masa kecil saya di sebuah perkampungan di wilayah desa gunung batu kec.ciracap kabupaten sukabumi.sekolah dasar saya di SDN kebon waru hingga kelas 6.Sedangkan tingkat SMP saya bersekolah di SMP negeri 2 ciracap hingga sampai saat ini dan kini saya sudah menginjak di kelas 9/IX. Kelas 7 dan kelas 8 berlalu, Dan di kelas 9/IX sekarang saya menempati kelas IX-B. Dikelas tersebut saya menjabat sebagai sekretaris kelas,banyak cerita di kelas tersebut canda tawa selalu ada di setiap harinya dan tidak terasa 1 tahun hampir berakhir karena harus ada perpi

Stop Bullying dan profil Imelda Nurul Aeni

 Stop Bullying dan profil Imelda Nurul Aeni  DOWNLOAD PAMFLET BULLYING   DOWNLOAD PROFIL PRIBADI